Pengalaman Memperbaiki BTN Mobile yang Error
Hallo
teman-teman, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai BTN Mobile
yang tidak dapat digunakan. Hal ini terjadi pertama kali bagi saya sebagai
nasabah yang belum genap satu tahun lamanya. Jenis tabungan saya gunakan adalah
BTN Batara, dimana penggunaannya untuk keperluan kuliah dan keseharian saya.
Paling sering saya gunakan untuk pembayaran Tokopedia, Link Aja dan Go-pay.
Kronologi
yang saya alami, terjadi pada tanggal 15 Juli 2021, sekitar pukul 15.30 Wib.
Dimana saya tidak mengalami kesulitan log in, tetapi ketika saya menginputkan
nomor VA tokopedia muncul notifikasi seperti ini :
Kemudian saya log out, dan kepikiranlah untuk mengupdate BTN Mobile. Setelah saya update BTN Mobile, malahan saya tidak dapat log in. Notifikasi yang muncul seperti berikut :
Setelah
mengalami hal tersebut, maka saya memutuskan untuk DM BTN melalui instagram
resmi mereka. Tetapi memang menunggu balasan dari admin, sama seperti menunggu
jodoh yang lama datang. 🤣
Saya DM instagram BTN pada pukul 15.53 WIB dan dibalas pada pukul 21.55 WIB.
Bayangkan kalau kita dalam situasi urgent butuh uang, waktu yang lama tersebut
sangatlah menghambat aktivitas kita sebagai nasabah yang menggantungkan
pekerjaannya melalui BTN Mobile. Tetapi tidak apa-apa bagi saya, karena
kebetulan tidak mendesak. Untuk penilaian lamanya balasan chat masih saya
maklumi, karena mungkin PPKM juga.
Setelah
DM , admin menyarankan untuk menghubungi contact center BTN melalui email : btncontactcenter@btn.co.id atau melalui BTN Contact center 24 Jam
1500286. Tentu saja saya sebagai mahasiswa pas-pasan, memilih melalui email.
Lalu saya email BTN contact center seperti berikut :
Bisa dilihat saya
mengirim email pada pukul 22.12 . Email yang saya kirim kemudian mendapatkan
respon pada pukul 02.19. Kemudian saya harus melengkapi data diri untuk proses
verifikasi. Untuk memudahkan teman-teman, jika ingin meringkas waktu dapat
menuliskan keluhan lalu dilampirkan data-data berikut. Agar tidak perlu
menunggu seperti saya yang kelamaan.
Saya
sudah mengirim balasan, dengan isi sesuai data yang diminta pada pukul 07.03
wib. Saya menunggu hingga pukul 11.00 siang pada tanggal 16 Juli 2021. Namun
masih belum ada balasan, maka saya insiatif cari call center yang lain melalui www.btn.co.id/en/contact-us .
Terdapat pilihan WhatsApp, maka saya coba menghubungi via whatsApp. Chat melalui
via WhatsApp menurut saya lebih cepat ketimbang via email sebelumnya. Admin
biasanya akan membahas chat kita dengan rentang waktu 15 menit. Saya mengajukan
komplain yang sama seperti di email, admin memberi saran untuk menguninstall
aplikasi BTN Mobile terlebih dahulu.
“Mohon maaf atas
ketidaknyamananya Ibu Ayu, terkait kendala tersebut kami sarankan dapat
diuninstall aplikasi BTN Mobile Banking kemudian install kembali dan dicoba
secara berkala. Apabila masih terkendala dapat melakukan pengecekan status
Mobile Banking silakan menghubungi Layanan Contact Center BTN di nomor 1500286
atau melalui btncontactcenter@btn.co.id.”
Maka saya coba untuk menguninstall aplikasi dan menginstall lagi kemudian. Dan ternyata bisa teman-teman, aplikasi BTN Mobile saya dapat digunakan kembali.
Cara-cara yang dilakukan adalah sebagai berikut :
- Pastikan Anda memiliki pulsa minimal Rp5.000
- Uninstall aplikasi BTN Mobile Anda yang mengalami error
- Kemudian download lagi melalui Play Store ata App Store
- Setelah Anda mendownload akan muncul
tampilan “AKTIVASI” dan “PENGATURAN”, silakan pilih AKTIVASI kemudian
klik SETUJU
- Setelah itu Anda klik OK maka akan masuk ke SMS dan kirim SMS tersebut terlebih dahulu
7. Setelah itu Anda akan loading sedikit lama, kemudian Anda buat password dan setelah selesai klik aktivasi
8. Setelah buat password Anda wajib memasukkan pin saat registrasi pertama
9. Selesai input pin maka Aplikasi BTN Mobile dapat digunakan kembali.
Comments
Post a Comment