Skip to main content

BTN MOBILE ERROR: APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN ?

Pengalaman Memperbaiki BTN Mobile yang Error

Hallo teman-teman, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai BTN Mobile yang tidak dapat digunakan. Hal ini terjadi pertama kali bagi saya sebagai nasabah yang belum genap satu tahun lamanya. Jenis tabungan saya gunakan adalah BTN Batara, dimana penggunaannya untuk keperluan kuliah dan keseharian saya. Paling sering saya gunakan untuk pembayaran Tokopedia, Link Aja dan Go-pay.

Kronologi yang saya alami, terjadi pada tanggal 15 Juli 2021, sekitar pukul 15.30 Wib. Dimana saya tidak mengalami kesulitan log in, tetapi ketika saya menginputkan nomor VA tokopedia muncul notifikasi seperti ini :


Kemudian saya log out, dan kepikiranlah untuk mengupdate BTN Mobile. Setelah saya update BTN Mobile, malahan saya tidak dapat log in. Notifikasi yang muncul seperti berikut :


Setelah mengalami hal tersebut, maka saya memutuskan untuk DM BTN melalui instagram resmi mereka. Tetapi memang menunggu balasan dari admin, sama seperti menunggu jodoh yang lama datang. 🤣 Saya DM instagram BTN pada pukul 15.53 WIB dan dibalas pada pukul 21.55 WIB. Bayangkan kalau kita dalam situasi urgent butuh uang, waktu yang lama tersebut sangatlah menghambat aktivitas kita sebagai nasabah yang menggantungkan pekerjaannya melalui BTN Mobile. Tetapi tidak apa-apa bagi saya, karena kebetulan tidak mendesak. Untuk penilaian lamanya balasan chat masih saya maklumi, karena mungkin PPKM juga.

Setelah DM , admin menyarankan untuk menghubungi contact center BTN melalui email : btncontactcenter@btn.co.id atau melalui BTN Contact center 24 Jam 1500286. Tentu saja saya sebagai mahasiswa pas-pasan, memilih melalui email. Lalu saya email BTN contact center seperti berikut :



            Bisa dilihat saya mengirim email pada pukul 22.12 . Email yang saya kirim kemudian mendapatkan respon pada pukul 02.19. Kemudian saya harus melengkapi data diri untuk proses verifikasi. Untuk memudahkan teman-teman, jika ingin meringkas waktu dapat menuliskan keluhan lalu dilampirkan data-data berikut. Agar tidak perlu menunggu seperti saya yang kelamaan.


Saya sudah mengirim balasan, dengan isi sesuai data yang diminta pada pukul 07.03 wib. Saya menunggu hingga pukul 11.00 siang pada tanggal 16 Juli 2021. Namun masih belum ada balasan, maka saya insiatif cari call center yang lain melalui www.btn.co.id/en/contact-us . Terdapat pilihan WhatsApp, maka saya coba menghubungi via whatsApp. Chat melalui via WhatsApp menurut saya lebih cepat ketimbang via email sebelumnya. Admin biasanya akan membahas chat kita dengan rentang waktu 15 menit. Saya mengajukan komplain yang sama seperti di email, admin memberi saran untuk menguninstall aplikasi BTN Mobile terlebih dahulu.

“Mohon maaf atas ketidaknyamananya Ibu Ayu, terkait kendala tersebut kami sarankan dapat diuninstall aplikasi BTN Mobile Banking kemudian install kembali dan dicoba secara berkala. Apabila masih terkendala dapat melakukan pengecekan status Mobile Banking silakan menghubungi Layanan Contact Center BTN di nomor 1500286 atau melalui btncontactcenter@btn.co.id.”

        Maka saya coba untuk menguninstall aplikasi dan menginstall lagi kemudian. Dan ternyata bisa teman-teman, aplikasi BTN Mobile saya dapat digunakan kembali.

Cara-cara yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan Anda memiliki pulsa minimal Rp5.000
  2. Uninstall aplikasi BTN Mobile Anda yang mengalami error
  3. Kemudian download lagi melalui Play Store ata App Store
  4. Setelah Anda mendownload akan muncul tampilan “AKTIVASI” dan “PENGATURAN”, silakan pilih AKTIVASI kemudian klik SETUJU
  5. Setelah itu Anda klik OK maka akan masuk ke SMS dan kirim SMS tersebut terlebih dahulu



6. Kemudian izin aplikasi BTN mobile untuk mengirim sms dengan berbayar
7. Setelah itu Anda akan loading sedikit lama, kemudian Anda buat password dan setelah             selesai klik aktivasi
8. Setelah buat password Anda wajib memasukkan pin saat registrasi pertama
9. Selesai input pin maka Aplikasi BTN Mobile dapat digunakan kembali.


Saran saya apabila ingin mendapatkan respon cepat gunakan call center telepon atau via WhatsApp. 
Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada salah kata.
Semoga membantu 🤗



Comments